April 20, 2021 By snakerivercomiccon.com 0

Pengetsaan Laser

Penandaan laser dan etsa laser menjadi semakin penting di sejumlah industri. Alasan dasar penandaan laser atau pengetsaan laser pada produk Anda meliputi:

o Tanda tersebut sangat tahan lama, permanen dan dalam banyak kasus tidak dapat dihilangkan tanpa merusak produk itu sendiri, hal ini berlaku untuk penandaan laser, etsa laser, atau anil laser.

o Proses penandaan laser akurat, 100% berulang, cepat, dengan hasil tajam yang sangat jelas.

o Tanda laser atau etsa laser dapat laser cutting dengan cepat dan mudah diubah tanpa penggantian mesin apa pun, dan, tanpa mengganti alat apa pun. Mengubah tanda laser atau etsa laser adalah operasi komputer seret dan klik yang sederhana.

o Laser tidak memerlukan bahan habis pakai dan tidak ada pembelian tambahan untuk bahan atau persediaan tambahan. Oleh karena itu, biaya pengoperasian dan pemeliharaan untuk memiliki dan menjalankan sistem penandaan laser atau etsa laser hampir tidak ada.

Dasar-dasar Laser

Kata laser adalah singkatan dari amplifikasi cahaya dengan emisi simulasi radiasi. Sinar laser dibentuk dalam tabung tertutup dengan set elektroda, gas laser, dan pelepasan listrik. Sinar tersebut dipancarkan ke dalam teleskop yang memperluas sinar laser dari ukuran kira-kira 2 mm saat sinar keluar dari tabung laser hingga 7 mm hingga 14 mm untuk sebagian besar operasi penandaan laser atau etsa laser. Sinar yang diperluas diarahkan ke kepala laser yang berisi dua cermin yang terletak pada motor galvo berkecepatan tinggi. Sinar laser diarahkan dari cermin melalui lensa bidang datar elemen tunggal ke produk yang ditandai atau digores dengan laser.

Biasanya bidang penandaan laser atau etsa laser dibuat dengan ukuran berkisar dari 65mm x 65mm [2.5 “x 2.5”] pada ukuran terkecil hingga 356mm x 356mm [14.0 “x14.0”] persegi pada ukuran terbesar. Pertimbangan selanjutnya adalah ukuran spot sinar laser. Ini adalah ukuran energi sinar laser yang difokuskan pada tanda laser atau titik etsa laser pada produk dan dapat bervariasi dari sekitar 200 mikron [mikrometer] atau 0,0078 “paling kecil hingga sekitar 540 mikron atau 0,021” untuk laser Co2. Ukuran titik sinar laser berkisar dari kira-kira 20 mikron atau .0007 “paling kecil sampai kira-kira 70 mikron atau .0027” paling besar untuk laser Nd: YAG. Ukuran titik kecil dan energi sinar laser yang sangat terfokus ini menciptakan penandaan yang detail, jelas, dan permanen yang merupakan ciri khas proses penandaan laser atau etsa laser.

Mengontrol Laser dan Opsi Penandaan Laser

Penanda laser dan pengetsa laser dikontrol melalui perangkat lunak. Beberapa variabel perlu dikontrol:

1. Daya laser yang diukur dalam watt

2. Frekuensi, artinya frekuensi pulsa sinar laser

3. Inci per detik, yang berarti kecepatan pergerakan cermin kemudi balok

Menentukan pengaturan yang benar untuk laser adalah satu-satunya elemen terpenting dan kritis dalam keberhasilan atau kegagalan proses penandaan laser. Setelah pengaturan yang tepat telah ditentukan dan didemonstrasikan, tanda laser yang dapat diulang 100% dapat dicapai.

Perangkat lunak pengontrol laser diakses melalui kartu antarmuka PCI. Ini mengirimkan sinyal digital dari file penandaan atau pengetsaan berbasis komputer ke motor dan mengarahkan sinar laser ke produk yang ditandai dengan laser atau diukir dengan laser.

Ada beberapa jenis penandaan laser dan etsa laser dan beberapa pertimbangan berbeda dalam hal hasil visual untuk tanda laser atau etsa laser.

1. Pengetsaan laser menghasilkan etsa atau depresi yang terlihat pada bahan. Pengetsaan laser menggantikan proses tradisional seperti pengepresan mekanis atau penggosokan pin. Pengetsaan laser dapat dilakukan dengan laser Co2 atau YAG pada hampir semua permukaan material dan pada kedalaman apa pun dari pengetsaan yang sangat ringan hingga pengetsaan yang sangat dalam. Misalnya, etsa laser digunakan untuk mengukir nomor seri menjadi bingkai senapan logam. Secara umum dengan etsa laser, bahan yang dietsa laser diuapkan pada titik etsa laser karena kepadatan daya sinar laser yang biasanya tinggi pada titik etsa laser.

2. Penandaan laser menghasilkan tanda permukaan dengan sedikit ukiran dan sedikit gangguan pada permukaan material. Ini sangat berguna dalam industri tertentu seperti komponen listrik terpisah, semi konduktor, sekring listrik, dan keramik di mana etsa laser benar-benar dapat merusak bagian atau mengubah kualitas konduktif bagian tersebut. Umumnya untuk menghasilkan tanda laser tanpa ukiran yang dalam, digunakan pengaturan kecepatan tinggi per inci untuk kepala galvo.

3. Pengetsaan laser dan penandaan laser umumnya tidak menghasilkan perubahan warna apapun dan menimbulkan kesan tidak berwarna. Ada pengecualian karena plastik tertentu terkadang bereaksi dan berubah warna di bawah sinar laser Co2 atau YAG. Juga, dalam beberapa kasus, aditif dapat dimasukkan ke dalam bahan yang diberi tanda laser atau terukir laser untuk menghasilkan perubahan warna. Pengecualian lain terjadi ketika panjang gelombang laser Co2 atau YAG diubah dari yang biasanya digunakan dalam pengetsaan laser dan penandaan laser. Ini dapat menghasilkan perubahan warna setelah pengetsaan laser pada beberapa bahan.

4. Laser anil adalah bentuk penandaan laser yang populer. Jenis penandaan laser ini umumnya dilakukan dengan laser YAG pada permukaan logam menggunakan daya yang lebih rendah, frekuensi tinggi, dan kecepatan tulis yang lambat untuk menghasilkan panas pada permukaan produk. Laser annealing dapat digunakan untuk menggantikan etsa elektro kimiawi dan tanda tinta karena proses anil laser menciptakan tanda hitam tanpa etsa. Perawatan harus digunakan, karena panas yang dihasilkan dapat menyebabkan besi pada beberapa logam tertarik ke permukaan, dan karat dapat terjadi jika bagian-bagian tersebut mengalami sterilisasi setelah anil laser. Ini bisa menjadi masalah yang sangat sulit untuk perangkat medis

5. Ablasi laser juga populer digunakan untuk sistem penandaan laser. Dalam hal ini laser digunakan untuk menghilangkan lapisan cat, anodized atau material lain yang menutupi permukaan bagian tersebut. Misalnya proses ini digunakan untuk membuat titik kontak logam beruang pada bagian yang dicat, untuk memungkinkan sambungan baterai seperti pada ponsel, atau untuk menghilangkan cat untuk identifikasi bagian dan detail pabrikan.