September 1, 2021 By snakerivercomiccon.com 0

Asal Usul Jam Bandul

Jam bandul adalah jenis jam yang bekerja dengan menggantungkan badan mekanik sehingga berayun maju mundur untuk memberi tahu waktu. Jam bandul seperti yang kita kenal sekarang disempurnakan pada tahun 1656 dan mereka mewakili penemuan pertama manusia dalam menentukan waktu secara akurat. Jam memiliki wajah, berat, lubang kunci dan pendulum. Ayunan pendulum mengontrol roda gigi tersembunyi di dalam jam untuk menggerakkan jarum di muka jam yang menghasilkan waktu dalam jam dan menit.

Jam bandul menurut standar modern terlihat sangat sederhana dibandingkan dengan model kuarsa canggih yang kita miliki saat ini. Tetapi kesederhanaan yang diduga ini tidak datang dengan mudah. Jam bandul memiliki sejarah yang panjang.

Mereka mulai sebagai eksperimen oleh Peter Henlein, seorang Jerman, ketika dia mencoba menemukan cara untuk mengetahui waktu secara akurat. Dia ingin mengembangkan sesuatu yang akan digunakan oleh semua orang dan berfungsi sebagai kesepakatan bersama tepat waktu. Penemuan Henlein pada tahun 1510 sangat mirip dengan jam dinding pendulum saat ini tetapi ditenagai oleh pegas dan tidak secara akurat menunjukkan waktu seperti yang diinginkannya. Itu hanya memiliki jarum jam dan dengan demikian menimbulkan kesulitan ketika orang harus memutuskan setengah jam.

Pada tahun 1577, Christian Huygens, seorang Belanda, menyempurnakan karya Henlein dan menemukan jam pendulum. Empat tahun kemudian, dia menambahkan jarum menit untuk memberikan kemampuan penunjuk waktu yang akurat. Tidak mengherankan bahwa Huygens mencapai prestasi seperti itu. Sebagai seorang ahli matematika, dia sangat memperhatikan akurasi dan presisi sehingga dia mungkin terus-menerus khawatir tentang waktu yang diberitahukan per jam saja.

Setelah perbaikan yang nyata pada jam pendulum oleh Huygens, banyak penemu dan teknolog anonim lainnya bekerja pada perangkat tersebut. Salah satu inovasi ini adalah kemampuan perangkat untuk berayun sedikit lebih sedikit. Versi sebelumnya berayun sebanyak 50 derajat untuk memutar roda gigi di dalam jam. Perbaikan menyebabkan pendulum berayun dengan sudut yang lebih rendah 10 hingga 15 derajat.

Jadi, lain kali Anda melihat jam bandul sederhana berayun di dinding, ingatlah seberapa jauh perangkat penunjuk waktu kuno ini telah berkembang.